Sabtu, 21 Desember 2013

LENSA

Lensa adalah material transparan yang memiliki dua permukaan salah satu atau keduanya memiliki permukaan yang melengkung sehingga dapat membelokkan sinar yang melewatinya.
            Dalam lensa terdapatt titik focus F.fokus utama lensa dengan permukaan atau benda. Dimana sinar yang sejajar dan berada dekat dengan sumbu utama terpusatkan. Titik focus bersifat nyata untuk lensa konvergen dan bersifat maya untuk divergen.
            Menentukan panjang focus lensa positif. Lensa positif atau lensa cembung adalah lensa konvergen yang bersifat mengumpulkan sinar. Dan dinyatakan lensa positif karena dapat mengumpulkan bayangan yang bias ditangkap layar dan nyata.
Sinar-sinar istemewa pada lensa cembung adalah sebagai berikut :
  1. Sinar dating sejajar pada sumbu utama lensa di biaskan melalui titik focus aktif F
  2. Sinar datang melalui titik focus pasif F2 dibiaskan sejajar sumbu utama.
  3. Sinar datang melalui titik pusat di teruskan tanpa pembatas.
Kombinasi lensa cembung yaitu bikonveks dan plankonveks. Bayangan yang di bentuk adalah nyata, terbalik, dan diperbesar.

            Menentukan panjangfokus lensa negative lensa cekung atau lensadivergen bersifatmenyebarkan sinar, memiliki harga focus negative sinar istimewa pada lensa cekung :
1.      Sinar datang sejajar sumbu utamadibiaskan seolah-olah berasal dari titik focus aktif F1.
2.      Sinar datang seolah-olah menuju ke titik focus pasif F2 dibiaskan sejajar sumbu utama.
3.      Sinar datangmelalui pusat optic diteruskan tanpa membias.
Bayangan benda oleh lensa negative adalah maya. Bayangn sejati dari lensa negative bisa didapat dengan pertolongan bayangan yang dihasilkan oleh lensa positif. Bayangan lensa positif yang jatuh di belakang lensa negative menjadi benda terhadap lensa negative. 

0 komentar:

Posting Komentar